Jumat, 14 Juni 2013

Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan gaya dengan jenis yang berbeda satu dan yang lainnya. Gaya tarik, gaya dorong, dan gaya gesek merupakan beberapa gaya yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Setiap gaya yang dilakukan memerlukan tenaga.
 Berdasarkan sumber tenaga yang diperlukan, gaya dibedakan menjadi beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
 
a. gaya gesek

Gaya gesek merupakan gaya yang terjadi karena bersentuhannya dua permukaan benda. Contoh gaya gesek adalah gaya yang bekerja pada rem sepeda. Pada saat akan berhenti, karet rem pada sepeda akan bersentuhandengan pelek sepeda sehingga terjadi gesekan yang menyebabkan sepeda dapat berhenti ketika dilakukan pengereman.

b.  Gaya Otot
Gaya otot merupakan gaya yang dihasilkan oleh tenaga otot. Contoh gaya otot adalah pada saat kita menarik atau mendorong meja, membawa belanjaan ibu, dan menendang bola. Karena terjadi sentuhan maka gaya ini termasuk gaya sentuh.

c. gaya listrik

Gaya listrik merupakan gaya yang terjadi karena aliran muatan listrik. Aliran muatan listrik ini ditimbulkan oleh sumber energi listrik. Contoh gaya listrik adalah bergeraknya kipas angin karena dihubungkan dengan sumber energi listrik. Muatan listrik dari sumber energi listrik mengalir ke kipas angin. Sehingga, kipas angin dapat bergerak.  



d. gaya mesin
Gaya mesin adalah gaya yang dimiliki  oleh mesin untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Contoh gambar gaya mesin:
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQjDaHe8rE_Ze7EKKhWd4UHosc7RXNhLzIvMfDIMJw66L8hb1W6j7sMpA_D




e.gaya magnet
Gaya magnet adalah gaya yang di miliki oleh magnet untuk menarik jarum, paku dan serbuk besi. Benda-benda ini dapat ditarik oleh magnet bila berdekatan.
Contoh gaya magnet :




0 komentar:

Poskan Komentar